CARA MUDAH UNTUK MEMBUAT LAYAR SMARTPHONE TAHAN LAMA

Ada banyak media yang dapat Anda pakai untuk membersihkan gadget, mulai dari lap sampai handuk. Gadget seperti ponsel pintar kini seolah bertransformasi dari alat komunikasi menjadi kebutuhan. Seperti yang kita lihat, hampir sebagian besar orang terlihat memegang ponsel pintar entah untuk bekerja atau sekadar eksis di media sosial. Namun, rasanya percuma kalau gawai yang dipakai sangat canggih tanpa dibarengi dengan perawatan berkala.

Layar ponsel pintar yang notabene memakai touchscreen pun tidak boleh luput dari perawatan. Supaya layar awet dan tidak mudah rusak, mari simak tips di bawah ini.

  1. Memakai Cairan Khusus Layar Ponsel Pintar

Sebenarnya menggunakan air sudah dinilai cukup untuk membersihkan layar ponsel pintar Anda. Namun tentunya, Anda harus hari-hati menggunakannya, karena jumlah air berlebih malah akan membuat layar menjadi rusak atau merembes ke bagian dalam ponsel. Jika dirasa kurang optimal, Anda dapat membeli cairan khusus pembersih layar yang biasanya dijual di toko-toko perangkat elektronik. Harganya terbilang bervariasi, tetapi yang termurah pun sudah menyediakan sikat dan lap pembersih.

  1. Membersihkan Layar dengan Lap Microfiber

Berbeda dari lap kebanyakan, lap Microfiber  memiliki banyak keunggulan, termasuk untuk membersihkan layar ponsel. Lap yang terbuat dari serat halus ini mempunyai daya serap tinggi. Sehingga kotoran yang terdapat pada permukaan layar ponsel tidak sekadar terdorong saja. Bahkan lap ini pun sudah dipakai untuk membersihkan kaca mobil. Pemakaian lap dengan serat halus pun tidak akan meninggalkan bekas seperti kalau Anda menggunakan tisu atau media lain yang seratnya kurang rapat.

  1. Membersihkan Layar dengan Minyak Kayu Putih

Selain menggunakan cairan khusus layar, Anda juga ternyata dapat memakai minyak kayu putih untuk mengusir kotoran. Apalagi kalau layar ponsel Anda kotor akibat minyak, maka kayu putih bisa diandalkan untuk membersihkannya. Satu atau dua tetes minyak kayu putih di atas lap sudah sanggup membuat layar ponsel tampak seperti baru. Minyak kayu putih juga bisa dipakai untuk memudahkan Anda dalam membuka casing charger laptop yang sudah rusak. Praktis, bukan?

  1. Memakai Kuas Cat untuk Membersihkan Lubang

Salah satu kebiasaan jelek yang masih diterapkan pengguna ponsel pintar adalah membersihkan lubang dengan cara ditiup. Padahal cara tersebut tidak dianjurkan, karena kotoran yang ada pada lubang malah akan terdorong ke dalam dan air liur pun ikut masuk ke lubang. Padahal, Anda dapat membersihkannya dengan memakai kuas cat. Anda bisa memilih kuas dengan ukuran kecil, lantas bersihkan lubang untuk earphone maupun speaker secara perlahan.

  1. Menyamarkan Goresan di Layar dengan Pasta Gigi

Masalah kotoran mungkin mudah diatasi. Namun, bagaimana dengan goresan atau guratan yang kadang sulit dihilangkan? Anda tidak usah repot-repot pergi ke service center, karena pasta gigi ternyata dapat menyamarkan goresan tersebut. Caranya hanya dengan mengoleskan pasta gigi ke seluruh permukaan layar, lalu bersihkan dengan lap berbahan microfiber. Diamkan selama beberapa saat sebelum kemudian dibilas dengan memakai cairan pembersih layar agar hasilnya makin mengilat.

  1. Jangan Lupa Juga Bersihkan Earphone Secara Rutin

Earphone adalah salah satu aksesori ponsel pintar yang kadang luput dari perhatian. Padahal, aksesori ini bisa menjadi sarang kuman mengingat sering terkena kontak dengan telinga. Perlu Anda ingat bahwa kotoran dalam telinga bisa saja menempel ke bagian kepala earphone. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membersihkan aksesori tersebut memakai lap basah maupun sikat gigi. Sehingga bagian luar dan dalam dari earphone tersebut sama-sama bersih dari kotoran.

Enam poin di atas adalah sebagian kecil cara untuk merawat layar ponsel maupun aksesori lainnya tetap bersih dan tahan lama. Selain cara yang benar, Anda juga harus memilih media yang tepat agar gadget tidak mengalami kerusakan. Seperti yang sudah disebutkan, lap berserat halus dan cairan khusus wajib masuk ke dalam daftar alat pembersih gadget. Hindari media-media besar seperti Handuk Baju atau Lap untuk membersihkan piring yang dapat membuat tampilan gadget malah semakin kotor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *